Pages

Sabtu, 19 November 2011

Bagaimanakah Asal- usul Kata Volcano??

Orang pada zaman dahulu memiliki kepercayaan bahwa gunung berapi merupakan tempat tinggal para dewa. Ketika Gunung berapi Athena meletus, orang Yunani mempercayai bahwa itu adalah Dewa Hepaistos yang sedang membuat peralatan dari besi, sehingga menimbulkan asap, percikan api, dan gempa akibat dari besi yang ditempa oleh Dewa.
Istilah "Vulcano" diduga berasal dari kata Vulcano, suatu kepulaun vulkanik di Kepulauan Aeolia di Italia yang namanya mengambil nama Vulkan, nama dewa api dalam mitologi Romawi. Akhirnya dalam bahasa Inggris, gunung berapi dekenal dengan istilah "Volcano".

Klasifikasi Gunung
Gunung berapi diklasifikasi berdasarkan aktivitasnya menjadi 3,
yaitu gunung aktif, gunung tidak aktif, dan gunung padam.
Gunung Berapi Aktif
Gunung berapi ini pernah meletus dan masih terus beraktivitas, sehingga ada kemungkinan akan meletus lagi di masa mendatang.




Gunung Berapi Tidak Aktif
Gunung berapi yang sudah pernah meletus, namun tidak aberaktivitas lagi. sehingga tidak akan meletus lagi di masa mendatang.




Gunung Mati atau Padam
Gunung yang belum pernah meletus dan tidak beraktivitas, serta tidak akan meletus di masa mendatang.
Akan tetapi, akhir- akhir ini sering terjadi gunung mati yang meletus. Hal ini memang dimungkinkan, oleh karenanya kita semua perlu waspada akan bahaya letusan gunung berapi.



0 komentar:

Posting Komentar